Pages

Ads 468x60px

Menu Atas

advertise with us
Place your ads here
Pasang Iklan disini

Membuat Fungsi di Microsoft Excel

Microsoft Excel Function
M
enambahkan sebuah fungsi ke lembaran kerja Microsoft Excel dapat dilakukan dengan mengetik langsung nama fungsi tersebut di sebuah sel di mana fungsi tersebut ingin digunakan. Namun cara ini dapat dilakukan apabila kita telah menghafal dengan benar nama fungsi beserta argument yang digunakan – tentunya kesalahan pengetikan nama fungsi satu karakter saja (misalnya average ditulis dengan averag) maka fungsi tersebut tidak akan bekerja.

Tetapi untungnya di dalam Microsoft Excel 2007 terdapat kemudahan dalam menuliskan fungsi yang kita inginkan yakni dengan tinggal mengetikkan huruf atau karakter awal dari fungsi yang kita inginkan maka Microsoft Excel akan menampilkan sejumlah fungsi yang sama dengan awal karakter yang kita ketikkan tadi.

Berikut daftar dari beberapa fungsi atau formula yang umum digunakan oleh para pengguna Microsoft Excel persembahan ala rumahexcel.com

Fungsi SUM
Fungsi ini adalah fungsi yang ’wajib’ diketahui dan dikuasai oleh pengguna excel, dimana fungsi ini yang paling umum digunakan dibanding fungsi-fungsi lainnya.
Kegunaan fungsi ini adalah untuk menjumlahkan isi dari beberapa sel atau range yang kita pilih, baik secara horizontal maupun secara vertikal.
contoh microsoft excel
Formula yang harus ditulis di sel F1 =SUM(A1:E1)
A1:E1 merupakan kumpulan dari beberapa sel (range) yang ditandai dengan tanda titik dua(:), sedangkan jika ingin menjumlahkan sel tertentu saja, gunakan tanda titik koma(;)

Contoh =SUM(A1;C1;E1)
yang artinya : menjumlahkan sel A1, C1, dan E1 saja, karena tanda yang digunakan adalah tanda titik koma (;)
Fungsi AVERAGE
Berguna untuk menghitung nilai tengah atau rata-rata bilangan dalam sebuah range dengan menjumlahkan nilai-nilai numeric kemudian membagi hasilnya dengan jumlah nilai. Dengan kata lain, AVERAGE digunakan untuk mencarai nilai rata-rata. AVERAGE mengabaikan sel-sel kosong, serta data berupa teks.

contoh microsoft excel
Cara penulisan formula yang harus ditulis di sel F1 sama seperti contoh di atas hanya saja nama fungsinya yang kita rubah menjadi =AVERAGE(A1:E1)

Jika ingin menghitung nilai rata-rata dari sel tertentu saja maka cukup menggunakan tanda titik koma (;) dan kemudian pilih sel mana yang akan dilakukan penghitungan
Contoh =SUM(A1;C1;E1)
Fungsi MAX
Fungsi ini berguna untuk mencari nilai tertinggi dari suatu range, penulisan formulanya pun sama seperti contoh sebelumnya
Fungsi MIN
Kebalikan dari fungsi MAX, dimana fungsi ini digunakan untuk mencari nilai terendah dari suatu range
Fungsi MEDIAN
Di gunakan untuk menghitung nila tengah (Median) dari sekelompok bilangan.
Median merupakan bilangan yang ada di tengah-tengah data setelah data diurutkan dari yang terkecil. Jika bilangan berjumlah genap, maka nilai median adalah rata-rata dari dua nilai yang terletak di tengah-tengah.
contoh microsoft excel
Formula yang ditulis sel F1 =MEDIAN(A1:E1)
Hasil dari formula ini adalah 7; dimana setelah kumpulan data atau bilangan diurutkan mulai dari yang terkecil - bilangan yang berada di tengah adalah angka 7.
Fungsi MODE
Untuk menentukan nilai yang paling sering muncul dalam sekumpulan bilangan, paling tidak muncul lebih dari 1 kali. Jika tidak ada bilangan yang muncul lebih dari sekali, maka fungsi ini akan menghasilkan sebuah kesalahan dengan pesan #N/A.
Penulisan formulanya sama seperti yang diatas, hanya ganti nama fungsinya saja menjadi =MODE(A1:E1)
dan hasil dari contoh kasus diatas adalah #N/A atau Not Available, hal ini dikarenakan tidak adanya bilangan yang muncul lebih dari satu kali.

Semoga artikel ini membantu anda untuk semakin menguasai formula excel


Write By Ditulis oleh : Anto Ramana
Dipublikasikan pada : 01.10.12 | 20:49
Judul : Membuat fungsi di Microsoft Excel
Kategori : Artikel
belajar excel
Artikel Lainnya :