Pages

Ads 468x60px

Menu Atas

advertise with us
Place your ads here
Pasang Iklan disini

Mengenal Operator Dalam Excel

Operator Excel
Microsoft Excel merupakan program aplikasi yang mampu melakukan berbagai jenis operasi perhitungan untuk keperluan pengolahan dan analisis data. Terdapat dua hal yang selalu terlibat dalam setiap perhitungan yang dilakukan di dalam Excel; yakni operator perhitungan dan data-data yang dihitung. Dalam perhitungan yang dilakukan, data-data dilibatkan dengan menggunakan acuan-acuan.

Microsoft Excel mempunyai empat jenis operator yang berbeda, yakni aritmatika, perbandingan, penggabungan, dan acuan. Berikut ini rumahexcel akan memberikan penjelasan satu persatu operator pada masing-masing jenis operasi tersebut beserta fungsi masing-masing operator
Operator Artimatika
Digunakan untuk membentuk operasi matematika dasar, seperti penambahan, pengurangan, pembagian dan operator standard lainnya.

Berikut tabel tentang operator artimatika :
Simbol Operator
Operasi
Contoh
Hasil
+
Penjumlahan
=1+2
3
-
Pengurangan
=2-1
2
*
Perkalian
=1*7
7
/
Pembagian
=15/3
5
^
Eksponensial
=5^2
25
%
Persentase
=25%
0,25
Operator Perbandingan
Digunakan untuk membandingkan dua buah nilai. Hasil perbandingan tersebut berupa sebuah nilai logika, yaitu TRUE dan FALSE. Bila perbandingan bernilai benar, hasil yang ditampilkan adalah TRUE, dan sebaliknya jika perbandingan bernilai salah maka akan menghasilkan nilai FALSE.

Berikut tabel jenis operator perbandingan :
Tipe Perbandingan
Simbol
Contoh
Hasil
sama dengan
=
=20=7
FALSE
lebih kecil dari
>
=7<11
TRUE
lebih besar dari
<
=5>1
TRUE
lebih besar sama dengan
>=
=3>=5
FALSE
lebih kecil sama dengan
<=
=5<=7
TRUE
tidak sama dengan
<>
=25<>25
FALSE

Operator Penggabungan
Operator ini digunakan untuk menggabungkan dua buah data atau lebih yang bertipe teks. Operator penggabungan menggunakan simbol (&), bila digunakan dalam sebuah rumus semisal kita ingin menggabungkan teks yang berada di sel A1 dengan teks yang terdapat di sel B1 maka pernulisan rumusnya akan menjadi seperti berikut:
=A1&B1

Contoh penggunaan operator penggabungan
Operator perbandingan

Penggabungan Operator "&" langsung menggabungkan masing-masing kedua kata tersebut tanpa menempatkan spasi diantaranya. Apabila ingin menempatkan spasi diantara kedua kata tersebut, kita dapat menekan spacebar pada saat kita mengetik huruf terakhir dari kata pertama. Spasi dapat juga kita tambahkan diantara kedua kata yang digabung dengan menggunakan tanda " " (petik spasi petik).
=A1&" "&B1
Sedangkan jika kita ingin menggabungkan data bertipe angka (numeric) maka gunakan tambahan tanda * (perkalian) di baris paling akhir, karena jika tidak maka data angka yang digabungkan akan berubah menjadi teks. Alhasil, jika kita menggunakan fungsi seperti SUM, AVERAGE data ini tidak akan dihitung.

Contoh penggabungan operator penggabungan data angka (numeric)
Penggabungan data angka
Operator Acuan
Operator ini berfungsi untuk menggabungkan selang sel yang terlibat dalam perhitungan. Excel mempunyai tiga buah operator acuan, yaitu titik dua (:), titik koma (;) dan spasi.

Tabel operator acuan beserta penggunaanya:
Simbol
Arti
Contoh
Titik dua (:) Operator jangkauan, menghasilkan satu acuan dari semua sel di antara dua acuan ,termasuk kedua acuan tersebut. Biasanya kita menyebut ini dengan istilah RANGE =A1:B2
Titik koma (;) Operator penyatuan, menggabungkan banyak acuan menjadi satu acuan =A3;B3
Spasi Operator perpotongan, mengacu kepada sel yang mendai perpotongan antara keduanya =(A1:B3 A3:D3)

Penggunaan operator acuan titik dua (:) serta titik koma(;) mungkin sudah umum sekali digunakan, sementara operator yang menggunakan spasi masih jarang - mungkin sedikit penggunaannya. Berikut saya beri contoh penggunaan operator acuan spasi yang di gabungkan dengan formula SUM.

Operator Acuan spasi
Hasil yang didapatkan karena perpotongan antara sel atau range ini adalah sel B1:B2. Jika dalam acuan ini tidak ada perpotongan maka akan menghasilkan #NULL!

Semoga ada guna dan manfaatnya


Write By Ditulis oleh : Anto Ramana
Dipublikasikan pada : 10.10.12 | 11:17
Judul : Mengenal operator dalam Excel
Kategori : Artikel
belajar excel
Artikel Lainnya :