Pages

Ads 468x60px

Menu Atas

advertise with us
Place your ads here
Pasang Iklan disini

Nomor Acak Dengan Format Desimal Menggunakan RandBetween

Random Image Terdapat setidaknya dua jenis fungsi yang tepat untuk membuat Nomor Acak (Random) dalam Microsoft Excel, yakni; Rand dan RandBetween. Perbedaan antara keduanya terletak pada distribusi angkanya.

Untuk fungsi RAND, menghasilkan nilai lebih besar dari atau sama dengan 0 dan kurang dari 1; hal ini jika menggunakan fungsi standard yakni =RAND(). Akan tetapi jika menggunakan syntax =RAND()*100 maka menghasilkan nilai acak antara 0 sampai dengan 100 (dengan format angka desimal)

Sedangkan fungsi Randbetween dapat dipergunakan untuk menghasilkan nilai angka acak dengan batas atas dan batas bawah yang dapat kita tentukan sendiri nilainya. Penulisan rumusnya adalah =RANDBETWEEN(bottom;top). Parameter pertama adalah "bottom" yaitu batas angka terendah dan parameter ke dua "top" adalah batas angka tertinggi.

Sebagai contoh, ketika kita menuliskan sebuah rumus =RANDBETWEEN(1,9)
dimana Angka terendah adalah 1 dan angka tertinggi adalah 9
maka setiap kali terdapat perubahan didalam worksheet maka akan menghasilkan angka acak antara 1 sampai dengan angka 9; tanpa angka dibelakang koma seperti hasil untuk rumus =RAND()

Jika ingin menghasilkan angka di belakang koma (angka desimal) untuk pengunaan fungsi =RANDBETWEEN dapat Anda gunakan syntax seperti berikut :
=RANDBETWEEN(1*100,9*100)/100
Artinya, komputer akan mengacak sebuah angka dengan batas bawah yakni 1 * 100 = 100, dan batas atas yaitu 9 * 100 = 900; kemudian setelah dikalkulasikan, komputer akan membaginya dengan 100 dengan menghasilkan pecahan angka desimal.

Untuk contoh diatas akan menghasilkan angka desimal 2 angka di belakang koma, ex 7,53 dan jika hasil yang diinginkan berupa 3 angka di belakang koma. ex 7,531; maka gunakan angka 1000 operator hitungannya. dan seterusnya....
sehingga penulisan akhir untuk menghasilkan angka acak dengan 3 angka dibelakang koma menjadi
=RANDBETWEEN(1*1000,9*1000)/1000

Jika menggunakan rumus =RANDBETWEEN dan ketika memasukkan nilai angka terendahnya lebih besar dari nilai tertinggi akan menghasilkan error #NUM!.
contoh =RANDBETWEEN(10,5)


Write By Ditulis oleh : Anto Ramana
Dipublikasikan pada : 19.02.13 | 09:34
Judul : Nomor acak dengan format desimal menggunakan RandBetween
Kategori : Formula
belajar excel
Tutorial Excel Lainnya :